Search My Adventure

Get in Touch

Get in Touch
Click Above Photo For More Info

2016/06/12

Let’s get lost to Yogyakarta


Kawasan ini merupakan salah satu sumber budaya Indonesia yang terletak di pulau jawa yang masih sangat kental dengan tradisi serta budaya-nya,dan kawasan ini sangat berpengaruh dalam sejarah-sejarah yang terjadi di Indonesia. Bagi Traveler, tempat ini adalah destinasi favorite traveler Indonesia dan juga traveler manca negara .Daerah Istimewa Yogyakarta , sungguh special daerah ini dengan pesona alam-nya yang sangat unik dan indah mulai dari Gunung , Sungai , Goa , Pantai dan juga kota nya yang berciri khas membuat daerah ini sungguh special bagi masyarakat nya dan juga pengunjungnya . Traveler wajib sekali datang ke tempat special ini dan mengeksplorasi objek wisata yang sungguh exotic di Yogyakarta, Traveler dapat mengunjungi Yogyakarta menggunakan transportasi darat sperti kereta (to Stasiun Yogyakarta), Bus, Mobil pribadi atau dengan Pesawat Terbang menuju Bandara Adi Sucipto.










Where to go?



Borobudur Temple

Traveler akan disebut “belum pernah ke jogja” jika tidak pernah menginjakan kaki di Candi Borobudur. Land Mark utama dari daerah Yogyakarta ini sungguh unik karena merupakan kebanggaan Indonesia sebagai Candi terbesar di Dunia yang sampai sekarang tetap di jaga baik oleh Pemerintah Indonesia dan UNESCO, tempat ini sangat dekat hanya sekitar 40 kilometerdari pusat kota.









Goa Jomblang

Merupakan Salah satu Goa yang paling “high level” di daerah Yogyakarta, karena track nya yang sulit dan diperlukan keahlian khusus , tetapi Goa yang satu ini memang lah bagus dengan Cave Hole yang besar serta sinar matahari yang masuk cukup indah dan bagi Traveler yang suka olahraga extreme dan photography wajib ke Goa ini . Goa ini dapat di temui di daerah Semanu , Wonosari sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta.






Malioboro

Jalan yang satu ini sudah tidak asing terdengar oleh Traveler jika ke Kota Yogyakarta , jalan ini adalah jalan kunjungan wisata favourite karena terletak di pusat kota dengan berbagai kedai-kedai /angkringan makanan serta mall dan pusat belanja oleh-oleh seperti Batik , Patung , Baju “JOGJA” dan sebagainya.







Merapi Lava Tour

Tempat mebara ini adalah salah satu gunung volcano yang masih aktif di Indonesia, Tempat ini belokasi di daerah utara  kota Yogyakarta dengan jarak yang cukup dekat dengan estimasi waktu sekitar 1 setengah jam dari pusat kota . Gunung Merapi ini sempat meletus hebat pada tahun 2010 dan menewaskan beberapa orang dan  salah satu nya adalah “The Gate Keeper” of Merapi Mbah Maridjan ,sampai sekarang masih byk peninggalan barang-barang serta rumah yang rusak terkena Abu Vulkanik dan dapat di kunjungi oleh Traveler di sebuah Museum Merapi . Traveler dapat menggunakan mobil Off Road untuk dapat berkeliling daerah merapi dan akan di temani guide lokal , dan bagi pecinta motor , Traveler dapat menyewa motorcross untuk berpetualang dengan serunya track yang dilewati . Kondisi Jalan yang berbatuan serta memiliki tanjakan yang amat tinggi akan dihadapi Traveler di tempat ini , tempat ini juga memiliki Museum Merapi , Batu Alien , Bunker serta pemandangan lembah yang luarbiasa buat photography ditemani udara pegunungan yang sejuk.












Umbul Ponggok

Traveler mau berphoto underwater dengan cara unik? Traveler Wajib ke tempat satu ini , dengan tiket masuk yang cukup murah Traveler dapat berenang dengan ikan-ikan tawar dan juga property yang unik di dasar kolam , seperti Motor , Camp , Tempat duduk santai , Ruang tamu dengan sofa dan TV etc . Perjalanan menuju Umbul Ponggok dari kota Yogyakarta sekitar 2 jam menuju daerah Klaten dan lebih medekat ke daerah Surakarta (Solo).






Pantai Sundak dan Ngandong

Pantai dengan laut nya yang biru , pasir yang halus dan putih bersih dan juga pemandangan yang indah , sangat nyaman jika Traveler mengisi waktu untuk bersantai dengan keluarga atau teman di tempat ini yang berlokasi di pantai selatan daerah Wonosari . Traveler dapat menikmati 2 pantai sekaligus , pantai Sundak dan Ngandong , disarankan untuk naik ke bukit di tepi pantai Ngandong untuk menikmati pesona alamnya yang indah.










Goa Pindul (Body Rafting, Cliff Jumping)

Goa ini cukup terkenal di daerah Gunung Kidul dan banyak sekali traveler yang ingin ke tempat ini karena di dalam goa ini Traveler dapat menemukan Cave Hole dan dengan perjalanan di dalam goa sekitar 40 minute , dan disarankan untuk datang pada hari biasa karena menjelang akhir pekan atau High season , anda harus mengantri untuk masuk kedalam goa tersebut dengan banyak orang . Setelah melewati Goa ini Traveler juga dapat melanjutkan trip Traveler di sekitar kawasan ini untuk Body Rafting dengan arus yang bervariasi , Traveler juga dapat menguji keberanian untuk Cliff Jumping dari ketinggian 8 meter hingga 12 meter (disarankan untuk TIDAK membawa barang berharga , sudah banyak GoPro , Handphone , Jam etc yang jatuh kedalam dasar sungai dengan kedalaman 13 meter) Tempat ini wajib masuk kedalam checklist Traveler untuk berpergian bersama Keluarga maupun Teman.











Pulau Timang

Pulau yang unik ini sangat popular di dunia photography dan action sport photography , karena disini Traveler dapat menikmati pemandangan laut dengan ombak yang kencang dari ketinggian dengan menggunakan “Gondola Tradisional” yang digerakan oleh Katrol Manual. tempat ini berlokasi di Pantai selatan Bintaos yang berjarak cukup jauh dan hanya dapat di jangkau dengan kendaraan kecil seperti motor .






Keraton Yogyakarta

Tempat kesultanan yang berlokasi di pusat kota Yogyakarta masih berdiri hingga detik ini , dulu-nya merupakan pusat pemerintahan kesultanan Yogyakarta, keraton ini sangat mempengaruhi budaya dan masyarakat serta sejarah Indonesia . Keraton ini masih di gunakan sebagai tempat tinggal Sultan dan keluarganya dan tempat ini juga memiliki Museum yang cukup luas. Upacara tradisi keraton masih berjalan sampai detik ini, Traveler dapat menyaksikan Pertunjukan seni menggunakan alat music tradisional yang di adakan setiap pagi-nya.






Gumuk Pasir Parangtritis (Sandboarding, Desert)

Traveler ingin menikmati gurun pasir di Indonesia? Disini tempatnya, Pasir Gumuk , disini Traveler wajib menyiapkan pakaian ganti dan peralatan mandi karena Traveler akan bermain pasir pastinya , di tempat ini Traveler dapat berjumpa dengan tumbuhan Cactus dan serunya di sini bagi Traveler yang gemar X-treme sport Traveler wajib mencoba Sandboarding dengan menyewa sekitar 70K sepuasnya dan ditemani guide untuk berseluncur downhill dari bukit pasir . Traveler dapat menjumpai tempat ini di daerah Parangtritis Pantai Selatan sekitar 1 Jam dari Kota.






Taman Sari

Taman Sari atau “Fragrant Garden of Yogyakarta” ini merupakan tempat wisata bangsawan pada zaman dulu , dan juga merupakan tempat permandiaan Ratu dan Raja , Sekarang tempat ini menjadi tempat wisata yang sangat bagus untuk Traveler untuk berphoto karena Bangunan Architecture-nya yang masih klasik ,  Traveler dengan mudah dapat berkunjung ke tempat ini karena berlokasi dekat dengan kawasan Keraton.






Dieng Plateau – Alternative ( Telaga Warna ,
Candi Arjuna)

Dieng Plateau, tempat yang berlokasi dekat Wonosobo ini sangat sejuk karena berlokasi di pegunungan dengan suhu udara sekitar 17 Celcius , tempat ini dapat di kunjungin Traveler dengan menggunakan mobil kecil , karena Bus tidak dapat melalui jalan tersebut karena berliku liku , menanjak serta jalan 2 arah-nya yang cukup sempit, di sepanjang perjalanan terdapat perkebunan Sayur-sayuran yang berjejer indah di bukit . Di daerah dieng anda dapat berkunjung ke Candi Arjuna yang merupakan salah satu peninggalan Candi Hindu di Indonesia, dan tidak jauh dari Candi terdapat Telaga yang bernama Telaga Warna , dengan warna yang hijau kebiru-biruan ini merupakan warna khas yang disebabkan oleh belerang di dalam Telaga tersebut . Di sekitar Telaga terdapat juga Goa yang patut di dikunjungi seperti Goa Semar yang merupakan Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati ,dan di depan gua ini juga terdapat arca wanita yang sedang membawa kendi dan Goa ini juga memiliki kolam kecil yang airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat kulit jadi lebih cantik. Traveler dapat mengambil Photo Telaga Warna dari atas bukit terdekat yang dapat di bantu oleh Guide lokal , Traveler dapat berphoto di atas pohon yang di beri papan sebagai Photo Spot terbaik untuk memaksimalkan angle photo yang lebih bagus kea rah Telaga Warna.












Where to Stay?

Di Yogyakarta Traveler dapat menjumpai banyak sekali tempat tinggal dari harga yang bervariasi , mulai dari villa Guest House dan juga Hotel , Traveler  dapat mem-booking langsung secara online atau melalui Apps . Saya sebagai Traveler, lebih menyukai tempat tinggal yang unik dan nyaman seperti Villa , saya menyarankan Traveler Untuk menggunakan aplikasi “Airbnb” untuk mencari tempat penginapan yang unik dengan mudah.

Dibawah Ini Merupakan list Tempat tinggal yang Recommended



Villa Sunset ( Lokasi Syuting AADC 2)


Bangunjiwo, Kasihan, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta (booking is available on Airbnb)


Villa Blue Steps



Karangjati RT 07, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta



Alcheringa (Parangtritis)



Kretek, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta



Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman



Jalan Prawirotaman II No. 629, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta



Adistana



Jl. Prawirotaman 2 No.613, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta


Lokal Hotel



Jalan Jembatan Merah NO.104C, Daerah Istimewa Yogyakarta






Where to Eat and Drink?

Kuliner di Yogyakarta Cukup banyak dari makanan seperti Nasi Kuching, Gudeg , Ayam Bakar , Ayam Kremes dan adapula kopi-nya yang unik Kopi Joss dan juga tempat-tempat nongkrong asik. Sangat beragam kuliner disini , Traveler dapat melihat list dibawah ini hasil Recommend terbaik Aldo Christian dan Kawan-Kawan.


-Eat


Yu Djum (Gudeg)



Jalan Wijilan No.167, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta


Café ABAYAGIRI



Sumberwatu Heritage Resort, Dusun Sumberwatu RT. 02 / RW. 01, Sambirejo, Prambanan, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta


Angkringan Gareng Petruk



Jl. Margo Utomo No.30, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta


Nasi Goreng Mawut



Jl. MT Haryono,  Yogyakarta, DI Yogyakarta ,Indonesia


Sate Klatek Pak Bari



Jl. Kedaton, Pleret, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta


House of Raminten



Jalan Faridan Muridan Noto No. 7, Gondo Kusuman, Kota Baru, Daerah Istimewa Yogyakarta


Bakmi Jawa Mbah Mo



Jl. Parangtritis KM. 11, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta


Soto Kadipiro



Jl. Janti, Daerah Istimewa Yogyakarta





-Café, Bar and Nightclub


Café ABAYAGIRI



Sumberwatu Heritage Resort, Dusun Sumberwatu RT. 02 / RW. 01, Sambirejo, Prambanan, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta


KLINIK KOPI



Jl. Kaliurang KM. 7,8, Gang Bima, Sinduharjo, Ngaglik, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta


SELLIE COFFEE (AADC 2 “rangga yang kamu lakukan ke saya itu JAHAT”)




Jalan Gerilya NG 3 / 822, Prawirotaman 2, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta


Vino bar



Jalan Jendral Sudirman No. 9, Yogyakarta55233, Indonesia


Sakapatat Social House & Resto



Jl. Pakuningratan No.34, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta


Boshe VVIP Club



Jl. Magelang, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta





-Oleh-Oleh


Bakpia Pathok 25 / Wingko Babat



Jl. AIP II KS Tubun NG I/504, Danurejan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta


Gudeg Yu Djum



Jalan Wijilan No.167, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta








Budget?

1 Person IDR 4.000K +- , 5 DAYS 4 NIGHT

Airplane PP =IDR 800K +- (Air Asia, Lion Air) from JAKARTA

TRAIN PP = IDR 600K +- FROM GAMBIR STATION

By Road /Bus = IDR 300K

Tempat Wisata total: IDR 400 K +-

Eat and Drinks: IDR 420K+-
Stay: IDR 100K-2.800K







Notes: Traveler You Need

-Bawalah Makanan dan Minuman yang cukup untuk persediaan saat perjalanan
-Bawa peralatan renang seperti snorkeling, baju renang dan sebagainya
-Bawalah Sunblock untuk mecegah terkena effect terbakar karena matahari (SPF tinggi)
-Hindari untuk membawa barang-barang berharga pada saat melakukan aktivitas travelling
-Bawa lah Camera yang waterproof jika ingin berphoto di tempat yang berhubungan dengan air
-Jagalah “Mulut”, jaganlah mengunakan bahasa yang kasar untuk menghormati Penduduk Sekitar
-Jauhilah Tempat yang berbahaya, dan patuhi peraturan di Daerah sana
-Bawalah Uang Secukupnya
-Patuhi peraturan Daerah sana
-Jaga lah kebersihan
-Jika ingin bermain ke tempat yang cukup menantang disarankan untuk ada pendampin / guide lokal
-BUDGET di atas hanya estimasi





Person to call

Local Guide Yogyakarta
Julie: 087886431003 / 081280074287 (Recommended)

Don’t Forget To follow me on Instagram @francescoaldochristian















No comments:

Post a Comment